ANALISIS PASAL-PASAL PIAGAM MADINAH SEBAGAI REKONSTRUKSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

ANALISIS PASAL-PASAL PIAGAM MADINAH

SEBAGAI REKONSTRUKSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL

(Sebuah Tawaran Dialog Antar Agama)

Oleh: Moh Syakur

Abstraksi

Dengan piagam Madinah, Nabi Muhammad telah membuktikan bahwa Islam adalah agama rahmat bagi seluruh manusia. Pesan-pesannya pun dapat diterima bukan hanya untuk kalangan umat islam sendiri melainkan semua kalangan termasuk umat Yahudi dan Nasrani. Sehingga tercipta suatu tatanan yang adil dan damai.

Melalui sejarah inilah munculnya piagam Madinah merupakan bentuk pendidikan yang sarat akan nilai-nilai humanis, pluralis dan harmonis.  Sehingga nilai-nilai piagam Madinah dapat dijadikan sebagi konsep untuk mendesain pendidikan multikultural yang sesuai diterapkan pada umat manusia khususnya di negara Indonesia.

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif atau dengan metodologi kajian kepustakaan (library research). Jadi model pencarian datanya dengan menggunakan sumber yang otoritatif dari karya-karya, kitab-kitab ataupun buku-buku yang relevan terhadap penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan logika reflektif, yaitu cara berpikir dalam proses mondar-mandir secara cepat antara induksi dan deduksi. Metode penelitian ini dinilai cukup tepat untuk mencari formulasi gagasan mengenai pendidikan multikultural sebagai modal dasar sosialisasi di tengah keanekaragaman agama dan budaya.

Pada dasarnya, antar pemeluk agama dan penganut masing-masing kepercayaan sudah mengetahui konsep dan teori perdamaian dalam bingkai pendidikan multikultural, namun pada dataran praktek mereka saling mempertahankan argumentasi tanpa saling mengetahui  masing-masing ajaran perdamaian yang disampaikan.

Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan sikap dialogis yang sangat membantu dalam memberikan pemahaman konsep di masing-masing agama. Sehingga dampak yang akan didapatkan akan berguna secara langsung dalam meredam konflik horizontal yang tengah mengemuka.

 Keyword: Multikultural, Toleransi, Pendidikan, Dialog

Download Disini )

 

musica gratis

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by Planet Web